Jembatan Pemali merupakan
jembatan yang terletak di Desa Wanacala, Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes,
Jawa Tengah. Jembatan ini merupakan salah satu bangunan yang dibangun oleh
kolonial Belanda sekitar tahun 1930an. Jembatan dengan Panjang 100 meter lebar
9 meter dan tinggi 18 meter menjadi akses yang menghubungkan antara Kota
Semarang dan Kota Jakarta. jembatan ini sering mengalami kerusakan akibat volume
kendaraan yang selalu meningkat yang menagkibatkan jembatan sering sekali rusak
karena getaran yang ditimbulakan oleh kendaraan kendaraan bermuatan berat
khususnya truk dimana jemabtan tidak mampu untuh menahannya dan jemabatan pemali
ini terdapat di daerah gempa zona 3. Dengan kondisi jembatan yang selalu
diperbaiki terus diperlukan jembatan baru yang dapat memikul beban kendaraan besar
dan juga jembatan yang mampu menahan gempa pada zona gempa 3. hal ini yang melatar belakangi kenapa jembatan
ini dibuat kemabali dengan menggunakan teknologi damper dengan tipe lock up device.
Lud atau Lock up device
merupakan inovasi teknologi gempa yang berfungsi sebagai alat peredam gempa selain
itu LUD pada jembatan juga berfungsi memberikan suatu hubungan yang kaku (rigid
link) antara dek jembatan dengan pilar jembatan, sehingga pada akibat beban
yang cepat dangan durasi yang pendek seperti gempa, tabrakan, rem, gaya
tersebut akan disalurkan ke perletakan. Jalan layang pasupati merupakan jalan
pertama di Indonesia yang menggunakan aplikasi peredam gempa. Bentuk LUD ini
kaya dongkrak atau shockbreker yang dipasang di dipertemuan antara tiang
jalan dan segmen jalan. LUD menggunakan cairan khusus yang berfungsi sebagai
bantalan damper sehingga ketika terjadi gempa atau getaran pada kendaran
kendaraan bermuatan berat LUD dapat terkunci sehingga semua bagian jalan dapat
mengikuti arah pergerakan getaran tersebut dengan serentak. Prinsip kerja LUD
ini sebenrnya sangat sederhana, jika diibaratkan tiang dan badan jalan layang
sebagai huruf T dimana garis melintang sebagai badan jalan. Supaya awet
LUD harus dirawat dengan mengganti cairan LUD (gel silikon) setiap 25 tahun,
dan mengganti cincin karena 10 tahun. Umur struktur jembatan itu sendiri,
diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100 tahun.
Gambar 1 Lock Up Device
Gambar 2 Jembat Pemali
Rezha Fauzi - 17315511 - 4TA01 - I kadek Bagus Widana Putra - Teknik Sipil - Universitas Gunadarma
Sumber
:
https://media.neliti.com/media/publications/213713-perencanaan-modifikasi-rangka-busur-baja.pdf
https://sanggapramana.wordpress.com/2010/11/27/damper-isolator-gempa-pada-struktur-bangunanhttps://fadlyfauzie.wordpress.com/2012/12/02/mengenal-jembatan-box-girder/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar