Rabu, 16 Januari 2019

PENERAPAN PEREDAM GEMPA DENGAN TEKNOLOGI DAMPER TIPE LUD SEBAGAI LONGITUDINAL STOPPER PADA JEMBARTAN PEMALI (GUNADARMA REVIEW)



Jembatan Pemali merupakan jembatan yang terletak di Desa Wanacala, Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jembatan ini merupakan salah satu bangunan yang dibangun oleh kolonial Belanda sekitar tahun 1930an. Jembatan dengan Panjang 100 meter lebar 9 meter dan tinggi 18 meter menjadi akses yang menghubungkan antara Kota Semarang dan Kota Jakarta. jembatan ini sering mengalami kerusakan akibat volume kendaraan yang selalu meningkat yang menagkibatkan jembatan sering sekali rusak karena getaran yang ditimbulakan oleh kendaraan kendaraan bermuatan berat khususnya truk dimana jemabtan tidak mampu untuh menahannya dan jemabatan pemali ini terdapat di daerah gempa zona 3. Dengan kondisi jembatan yang selalu diperbaiki terus diperlukan jembatan baru yang dapat memikul beban kendaraan besar dan juga jembatan yang mampu menahan gempa pada zona gempa 3.  hal ini yang melatar belakangi kenapa jembatan ini dibuat kemabali dengan menggunakan teknologi damper dengan tipe lock up device.
Lud atau Lock up device merupakan inovasi teknologi gempa yang berfungsi sebagai alat peredam gempa selain itu LUD pada jembatan juga berfungsi memberikan suatu hubungan yang kaku (rigid link) antara dek jembatan dengan pilar jembatan, sehingga pada akibat beban yang cepat dangan durasi yang pendek seperti gempa, tabrakan, rem, gaya tersebut akan disalurkan ke perletakan. Jalan layang pasupati merupakan jalan pertama di Indonesia yang menggunakan aplikasi peredam gempa. Bentuk LUD ini kaya dongkrak atau shockbreker yang dipasang di dipertemuan antara tiang jalan dan segmen jalan. LUD menggunakan cairan khusus yang berfungsi sebagai bantalan damper sehingga ketika terjadi gempa atau getaran pada kendaran kendaraan bermuatan berat LUD dapat terkunci sehingga semua bagian jalan dapat mengikuti arah pergerakan getaran tersebut dengan serentak. Prinsip kerja LUD ini sebenrnya sangat sederhana, jika diibaratkan tiang dan badan jalan layang sebagai huruf  T dimana garis melintang sebagai badan jalan. Supaya awet LUD harus dirawat dengan mengganti cairan LUD (gel silikon) setiap 25 tahun, dan mengganti cincin karena 10 tahun. Umur struktur jembatan itu sendiri, diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100 tahun.

 Gambar 1 Lock Up Device


Gambar 2 Jembat Pemali
Rezha Fauzi - 17315511 - 4TA01 - I kadek Bagus Widana Putra - Teknik Sipil - Universitas Gunadarma 
 Hyperlink:

Sumber :
https://media.neliti.com/media/publications/213713-perencanaan-modifikasi-rangka-busur-baja.pdf
https://sanggapramana.wordpress.com/2010/11/27/damper-isolator-gempa-pada-struktur-bangunanhttps://fadlyfauzie.wordpress.com/2012/12/02/mengenal-jembatan-box-girder/ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar